140x140
140x140
140x140
  • Profile Sejarah STMIK STIKOM Bali

    Friday, 14 December 2007

    Berawal dari bertemunya pemerhati dan pencinta pendidikan, yang tergerak hatinya melihat kondisi saat ini. Sama - sama kita ketahui, saat ini semakin banyak pengangguran baik tanpa maupun telah menyandang gelar sarjana. Krisis multidimensi melanda bangsa kita. Disisi lain, saat ini perkembangan dunia teknologi informasi khususnya berkembang pesat, namun sayangnya lembaga terlebih lagi Sekolah Tinggi Komputer di daerah Bali masih sangatlah langka.

    Kemudian untuk menjawab hal tersebut, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali, Selanjutnya disebut STIKOM Bali, didirikan oleh :

    1. Prof. Dr. I Made Bandem MA.
    2. Drs. Ida Bagus Dharmadiaksa, Ak, MSi.
    3. Drs. Satria Dharma.
    4. Ny. Lilis Yuningsih SH.

    Selanjutnya, pada tanggal 10 Agustus 2002 STMIK STIKOM BAli mendapatkan ijin Mendiknas RI No. 157 / D / O / 2002 tertanggal 02 agustus 2002 di Jakarta. Sebagai sekolah tinggi komputer pertama di Bali, STIKOM BALI didirikan untuk mengantisipasi era / abad informasi dan tentu saja membutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang mengerti Dunia Teknologi Informasi Serta Komputer, serta menjadi yang terdepan dibidang Informatika dan Komputer baik secara ilmiah akademis maupun praktis aplikatif khususnya di daerah Bali.

    STIKOM Bali
  • Transformasi Lambang STMIK STIKOM Bali

    Saturday, 14 September 2013

    Apamakna logo baru ini ?

    Logo baru STIKOM Bali yang merupakan distilasi dari beberapa materi yang diolah sehingga tidak hanya menjadi sebuah logo yang indah, tetapi memiliki makna yang mendalam, sehingga dapat mewakili visi dan misi dari STMIK STIKOM Bali untuk terus maju dan berkembang menjadi kampus ICT terbaik di dunia. Perubahan Logo adalah gambaran (visualisasi) yang terjadipada STIKOM Bali di tahun 2013. Selain logo, terdapat juga perubahan pada visi, misi, target jangka pendek dan target jangka panjang berawal di tahun 2013 dan seterusnya.

    Transformasi Logo STMIK STIKOM Bali



    Gear (Roda Gigi)

    STIKOM Bali Dalam beberapa artikel tentang perkembangan teknologi, “Gear” memegang andil besar dalam terjadinya revolusi industri yang mengantarkan umat manusia masuk jaman modern seperti sekarang ini. Oleh karena itu “Gear” melambangkan teknologi informasi yang menjadi perspektif dari STIKOM Bali untuk melangkah maju. Selain itu “Gear” juga dapat bermakna berjalannya aktivitas institusi yang terus berlangsung seiring dengan perkembangan teknologi.

    Educational Level

    STIKOM Bali Dalam Dunia pendidikan terdapat jenjang pendidikan yang harus dituntaskan sebelum bisa melanjutkan ke dalam jenjang pendidikan berikutnya. Perjalanan ini juga terjadi dalam sebuah kampus yang harus terus berkembang untuk dapat memberikan pelayanan dan kualitas pendidikan yang lebih baik bagi mahasiswanya. Seperti yang dilakukan STIKOM Bali tidak hanya meningkatkan kualitas proses mengajar, tetapi juga mem-Branding kampus dengan baik sehingga meningkatnya “Brand Value” Stikom Bali.

    Flow

    STIKOM Bali Perkembangan teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat, hal ini menuntut semua aspek yang berkaitan dengan hal ini harus selalu update dan mengikuti perkembangan Teknologi Informasi terbaru. Hal ini diantisipasi oleh STIKOM Bali dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak Perguruan Tinggi di dalam maupun luar negeri. Logo STIKOM Bali tersusun dari unsur-unsir logo yang memiliki bentuk dasar kurva lembut sehingga terkesan mengalir fleksibel.

    Wing

    STIKOM Bali Stikom Bali sebagai sayap yang memungkinkan Mahasiswa tersebut terbang tinggi meraih cita-citanya. Sayap di sini melambangkan kurikulum yang disusun oleh STIKOM Bali telah dikaji secara seksama, sehingga mata kuliah yang diajarkan merupakan ilmu-ilmu teknologi informasi yang tepat untuk menghadapi tantangan-tantangan perkembangan teknologi di masa yang akan datang. Seperti contoh “Double Degree Program”, sehingga lulusan STIKOM Bali memiliki ilmu yang tepat untuk bersaing dalam dunia global.

    Fire

    STIKOM Bali Api merupakan sebuah objek yang paling sering kali digunakan untuk melambangkan semangat. Semangat yang membara ini diharapkan memberikan energi yang positif kepada STIKOM Bali dalam memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik dan juga memacu semangat daya saing Mahasiswa untuk mencapai prestasi yang maksimal. Bentuk api distilasi menjadi bentuk kurva yang tertata rapi. Ini akan menciptakan kesan keteraturan dan kesatuan dengan unsur-unsur pembentuk logo yang lain.

    Sash

    STIKOM Bali “Sash” atau dalam bahasa Indonesia berarti kain selempang. Selempang biasanya digunakan untuk symbol penghargaan yang diberikan kepada seorang dikarenakan prestasi yang telah dicapai. Seperti prestasi yang diperoleh STIKOM Bali sebagai satu-satunya Kampus ICT di Bali Nusra yang ter-Akreditasi “B” dari BAN PT. Bentuk Selempang distilasi seirama dengan unsur-unsur pembentuk logo lainnya sehingga menjadi kesatuan dalam sebuah logo yang unik.

    First Leter

    STIKOM Bali Huruf Pertama dari STIKOM Bali adalah huruf “S” dan dipilih sebagai salah satu unsur penyusun logo STIKOM Bali. Selain dari bentuk huruf “S” yang sesuai dengan konsep logo, huruf pertama pada umumnya digunakan juga sebagai logo. Bentuk huruf “S” distilasi sedemikian rupa sehingga menyatu dengan unsur-unsur logo yang lainnya. Bahkan saat bersatu dengan unsur-unsur logo yang lain bentuk “S” ini menjadi bentuk yang terlihat berbeda.
    STIKOM Bali